tes

Sabtu, 31 Oktober 2015

Cara Croping Foto di Adobe Photoshop CS3

Cara Croping Foto/Gambar di Adobe Photoshop CS3- Sahabat Carasyamsu.com, ada berbagai alasan seseorang  memotong foto/gambar misalnya ukuran gambar terlalu besar, ada bagian foto/gambar yang tidak sesuai harapan, dan lain sebagainya. Anda tentu tahu bahwa memotong foto di PC/Laptop dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai software seperti: Photoshop, Photoscape, Corel Draw, dan software lainnya. Sebenarnya memotong foto dengan software apa pun pada dasarnya sama, namun kali ini saya akan menuliskan Cara Memotong Foto/Gambar dengan Menggunakan Photoshop, yang langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Buka Photoshop

Sebagai langkah awal, silakan buka Photoshop di PC/Laptop Anda, saya yakin bahwa di komputer Anda sudah terpasang software photoshop, namun jika belum, silakan download dan menginstalnya terlebih dahulu. Bagi yang belum memiliki softwarenya, silakan Download Photoshop

Cara Croping Foto di Adobe Photoshop

2. Buka file foto/gambar yang akan dipotong

Setelah di PC/Komputer Anda sudah terbuka tampilan Photoshop layar kosong, silakan klik menu "File" kemudian klik "Open"

Cara Membuka file foto yang akan dipoton

3. Mencari file foto dan membukanya

Cari file di disk komputer anda, kemudian pilih file yang akan dipotong. Pada contoh, saya akan memotong foto/gambar bunglon dengan nama file "hewan bunglon 02", maka saya pun mengeklik file foto tersebut, kemudian mengeklik "Open"

Mencari file foto dan membukanya

4. Klik menu "Crop Tool"

Setelah saya mengeklik "Open", maka tampil gambar bunglon yang akan saya potong di layar Photoshop, kemudian saya mengeklik "Crop Tool"

Crop Tool Photoshop
 5. Croping foto

Untuk memotong foto, saya mengarahkan cursor ke arah gambar bunglon, kemudian klik kiri dan menahannya sembari mengarahkan cursor untuk membatasi daerah foto yang akan dipotong.

Croping foto di photoshop

6. Klik menu "Crop Tool" dan "Crop"

Stelah saya selesai memilih daerah foto yang akan saya potong ( ditandai dengan garis putus-putus ), maka saya mengeklik lagi menu "Croop Tool" dan muncul tampilan menu pilihan Crop, Cancel, dan Dont Crop, maka saya mengeklik "Crop"

Menu Crop Tool dan Crop di Photoshop

7. Menyimpan hasil croping foto

Setelah saya mengeklik "Crop", kini foto sudah berhasil kupotong, kemudian saya pun menyimpannya dengan cara mengeklik "File" kemudian "Save As"

Cara menyimpan hasil foto yang sudah dipotong dengan photoshop

8. Ganti nama file lama dengan nama file baru

Nama file yang lama saya yakni "hewan bunglon02", agar file lama tidak hilang, maka saya mengetik di kolom file name dengan nama file baru yakni "croping gambar bunglon", kemudian mengeklik "Save"

Cara memberi nama file pada file foto hasil croping

9. Klik "OK"

Sebelum mengeklik "OK", kita bisa mengatur dulu tentang quality, format ( baseline standard, optimized, progressive ), namun saya membiarkan dengan pengaturan default yakni baseline standard, maka saya pun langsung menekan tombol "OK"

klik menu OK di photoshop

10. Croping foto dengan software Photoshop berhasil

Setelah saya mengeklik "OK" pada langkah yang ke-9 di atas, maka berarti saya sudah selesai dalam memotong file foto lama ( 1 ) dan sudah berhasil menyimpan hasil croping foto dengan nama file baru yakni "croping gambar bunglon" ( 2 ).

Croping foto dengan software Photoshop berhasil

 Baca juga Cara Mengubah Warna Background Blog dengan Photoshop

Demikian tentang Cara Croping Foto di Adobe Photoshop CS3. Semoga bermanfaat

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Judul

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate another link velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur.

Pengikut

Sample Text

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate another link velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur.
Copyright © tes | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com