tes

Kamis, 28 April 2016

Cara Membuat Halaman Portrait dan Landscape dalam Satu File Word

Cara Membuat Halaman Portrait dan Landscape dalam Satu File Dokumen di Microsoft Office Word_Bagaimana cara mengubah halaman dari portrait ke landscape tanpa mempengaruhi halaman sebelumnya?. Dalam berbagai keperluan pembuatan atau pengetikan data di komputer program Microsoft Office Word kita sering membutuhkan penggabungan pembuatan atau penyimpanan file dengan page layout potrait dengan landscape. Jika pengetikan data di  halaman portrait dan landscape pada ms-word kita padukan menjadi satu file, maka tampilan halaman akan terlihat rapih dan praktis. Selain itu hasil pengetikan juga lebih terlihat profesional. Sobat pembaca, apapun judulnya, yang jelas maksud saya adalah membuat tutorial tentang bagaimana agar dalam satu file terdiri atas gabungan antara halaman/page potrait dan landscape, dan mungkin Anda menemukan halaman blog ini dengan kata pencarian yang bervariasi seperti: cara membuat halaman portrait dan landscape di microsoft office word dalam satu dokumen, cara membuat halaman landscape diantara halaman potrait, cara membuat page layout berbeda di ms word, cara menyisipkan page layout potrait ke landscape, cara menggabungkan halaman landscape ke potrait, cara membuat orientasi page layout berbeda di ms word dalam satu file, dan lain sebagainya. Jadi apapun kata pencarian Anda, yang jelas cara mengubah halaman dari portrait ke landscape tanpa mempengaruhi halaman orientasi/orientation sebelumnya yaitu dengan langkah-langkah sebagai berikut. Setelah Anda membuka halaman kosong microsoft office word, silakan ikuti cara praktis membuat page layout potrait dan landscape dala satu file word di bawah ini.
Cara Membuat Halaman Portrait dan Landscape dalam Satu File Word

A. Membuat Halaman Potrait
Pengaturan default pada lembar kerja/halaman kosong ms word pada umumnya diseting dengan orientation page layout potrait, jadi jika yang Anda butuhkan halaman pertama adalah orientasi potrait berarti Anda langsung saja mengetik tentang apa saja yang Anda perlukan. Setelah Anda selesai mengetik di halaman awal tersebut ( baik pengetikan sampai baris akhir halaman atau tidak), maka langkah selanjutnya sebagai berikut:

1. Biarkan kursor tetap pada akhir baris halaman tersebut ( tidak perlu digeser ke bagian paling akhir halaman).
2. Klik Page Layout pada halaman Microsoft Office Word
3. Klik Breaks
4. Klik Next Page

Untuk pengaturan tentang berapa jumlah halaman atas yang dijadikan file dengan page potrait, silakan sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jadi bebas saja, misalnya Anda ingin mengetik pada halaman orientasi potrait sebanyak 1, 2, 3, 4, 5, dan berapa pun jumlah halamannya. Namun untuk contoh, saya cukup membuat 1 halaman potrait. Intinya setelah Anda akan berganti orientasi yang berbeda, saat itulah Anda menerapkan cara seperti pada poin B di bawah ini.

B. Membuat Halaman dengan Orientasi Landscape

Cara Mengubah Halaman dari Portrait ke Landscape tanpa Mempengaruhi Page Orientasi Sebelumnya

1. Terbuka Halaman Potrait
Setelah Anda mengeklik Next Page ( seperti penjelasan pada poin A.4 ), maka akan terbuka otomatis lembaran kerja baru ms word dengan orientasi masih sama dengan halaman sebelumnya yakni potrait.
2. Pastikan Halaman yang Terbuka adalah Urutan Page dari Halaman Sebelumnya.
3. Klik Orientation
4. Klik Landscape
5. Lihat Hasilnya
Hasil Penggabungan Page Layout Potrait dan Landscape dalam Satu Dokumen Word

C. Mengubah Halaman Landscape Menjadi Potrait tanpa mempengaruhi Orientasi Sebelumnya

Cara Mengubah Halaman Landscape Menjadi Potrait tanpa mempengaruhi Orientasi Sebelumnya

Misalkan Anda telah membuat halaman awal dengan orientasi potrait, halaman selanjutnya orientasi landscape, dan halaman berikutnya ingin Anda buat dengan page layout potrait, maka caranya sebenarnya merupakan kebailkan dari cara pada poin A dan B di atas. Jadi saya rasa Anda jelas bisa melakukannya dengan mudah baik Anda membuat halaman dengan potrait dulu maupun dengan halaman landscape dulu. Oke dilanjut:

1. Silakan klik Breaks
2. Klik Next Page

Setelah Anda mengeklik "Next Page", maka akan terbuka lembar kerja baru selanjutnya, dalam hal ini lembar kerja baru ms word halaman ke-3

Cara Menggabungkan Halaman dari Landscape ke Potrait
  • # klik Orientation
  • # lik Potrait
3. Lihat Hasilnya
Halaman Landscape dan Potrait pada Ms Word

Sobat pembaca, kiranya hanya itutorial tentang menggabungkan halaman di word dengan orientasi yang berbeda ( potrait dengan landscape) yang bisa saya tuliskan. Silakan Anda mencoba dengan pola sesuka atau sesuai keperluan Anda, misalnya pola potrait-landscape-potrait dan seterusnya, pola landscape-potrait-landscape-dan seterusnya. Saya yakin Anda pasti bisa, namun jika mengalami kendala, silakan sampaikan di kolom komentar di halaman blog ini.

Demikian tentang Cara Membuat Halaman Portrait dan Landscape dalam Satu File Word dan/atau Cara Mengubah Halaman dari Portrait ke Landscape tanpa Mempengaruhi halaman Sebelumnya serta Sebaliknya. Semoga bermanfaat.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Judul

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate another link velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur.

Pengikut

Sample Text

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate another link velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur.
Copyright © tes | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com